Kamis, 29 Januari 2015

Penyebab Bayi Kembung - Cara Mencegah Dan Menanganinya

Penyebab Bayi Kembung - Cara Mencegah Dan Menanganinya
Perut bayi mudah terisi udara. Sebagian bayi cenderung perutnya berisi lebih banyak udara dibandingkan bayi-bayi lainnya. Ada bayi yang dengan mudah mengeluarkan udara dari dalam perutnya, ada pula bayi yang kesulitan melakukannya, sehingga perutnya sering kembung.

Penyebab Perut Bayi Kembung
Menelan udara. Kemungkinan masuknya udara melalui mulut bayi semakin besar bila cara menyusui kurang tepat. Antara lain karena puting ibu tidak masuk semua ke mulut bayi sehingga bayi menelan udara (aerofagi), bayi tidak disendawakan, atau ASI yang diproduksi ibu berlimpah sehingga bayi terpaksa menghisap dan menelannya dengan cepat.

Produksi gas di usus besar yang berlebihan. Bayi yang minum ASI sering mengalami kondisi kembung karena ASI banyak mengandung sejenis karbohidrat yakni laktosa. Padahal enzim pencernaan yang memecah laktosa pada bayi kurang dari 4 bulan belum terbentuk sempurna. Akibatnya, laktosa akan turun ke usus besar dan difermentasi kuman penghuni usus besar yang menghasilkan asam lemak rantai pendek danbeberapa macam gas. Kondisi ini biasanya hilangseiring bertambahnya usia bayi.

Cara Mencegah Perut Bayi Kembung
  1. Bila disebabkan udara yang masuk karena posisi menyusui yang salah, perbaiki cara Anda menyusui. Susui bayi selama 15 sampai 20 menit, agar bayi memperoleh kandungan ASI yang menyeluruh.
  2. Bila disebabkan kandungan zat tertentu di dalam ASI yang berasal dari menu makanan Anda, Maka :
  • Hindari makanan olahan dari susu karena gula yang terkandung di dalam susu (laktosa) bila diuraikan akan menghasilkan gas. Contoh : yoghurt, es krim, susu, krju, dan mentega.
  • Hindari makanan yang kandungan asamnya tinggi, seperti jeruk, stroberi, dan tomat.
  • Hindari mengkonsumsi kacang-kacangan, termasuk kedelai dan hasil olahannya, serta telur.
 Cara Menangani Perut Bayi Kembung
  1. Sendawakan bayi sehabis disusui. Caranya dengan menelungkupkkan bayi di atas pangkuan dan usap-usap punggungnya. Atau, gendong dia dalam posisi perut bayi menempel ke dada Anda.
  2. Lakukan pijatan lembut pada bagian perutnya. Caranya, tetskan baby oil atau minyak telon pada jari telunjuk dan jari tengah Anda, lalu usapkan dengan lembut di atas perutnya searah jarum jam. Lakukan putaran dengan lingkaran kecil dan makin lama makin besar. Jangan lakukan hal ini ketika bayi baru saja menyusui.
thumbnail
Judul: Penyebab Bayi Kembung - Cara Mencegah Dan Menanganinya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Perawatan Bayi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz