Rahasia Bahasa Tubuh Bayi

Rahasia Bahasa Tubuh Bayi
Mungkin kita kira tidak menyadari apa yang bayi kita inginkan, dengan mempelajari bahasa tubuh bayi, kita akan tau apa yang di inginkan bayi, berikut ini yang sering dilakukan bayi menggunakan bahasa tubuhnya :

Kaki Menendang : antusias, senang. Letakan bayi di pangkuan Anda, dan bernyanyilah, jangan di abaikan karena bayi bisa menangis karena tak mendapat perhatian Anda.

Memilin Rambut : membuat nyaman diri sendiri, karena gerakan ini menenagkan sistem saraf pusat. Artinya, bayi Anda sedang merasa gelisah menghadapi lingkungannya, biarkan saja bayi melakukannya, karena ini salah satu caranya untuk membuat dirinya nyaman. Anda juga bisa mengajak bicara.

Meringkuk : Bayi sedang sedih. Bila disertai rewel, gedonglah bayi dan mengayun-ayunnya. Bila tidak bisa ditenangkan, bisa juga bayi sedang sakit perut atau mual. Segera periksa ke dokter.

Meregangkan lengan dengan telapak tangan terbuka : Suasana hatinya baik. Dia sedang santai dan siap bereksplorasi. Ajak bayi jalan-jalan keluar rumah. Tapi jangan lupa perhatikan ekspresi wajahnya. Bila bayi tak suka, biarkan bayi memilih aktifitasnya sendiri. Ajak bayi keruang bermainnya.

Mengusap Telinga : Kelelahan karena terlalu banyak main, lelah karena tak bisa buang angin atau bersendawa. Bantu bersendawa dengan cara yang biasa Anda lakukan. Bila bayi menarik-narik telinganya, berarti ada rasa sakit di dalam telinganya.

Tangan Memegang Kedua Kaki : siap bermain! Ajak bayi bermain. Letakan di pangkuan Anda, gunakan boneka tangan dan bersiapkan mendongeng, jangan lupa perhatikan ekspresi wajahnya. Bila bayi mulai memalingkan wajahnya, tanda dia bosan, lelah dan tak ingin diajak main lagi. biarkan bayi istirahat.

Kepala Bergerak Dari Satu Sisi Ke Sisi Lainnya : Artinya lelah. Ganti posisi bayi, atau gendong dia dengan posisi kepala di pundak Anda.

Kepala Berpaling Dari Benda, Atau Bermain Jari : Bosan, ingin pemandangan lain. Ajak bayi keluar kamar, jalan-jalan disekitar rumah.

Tangan Diangkat Kemulut : Lapar. susui bayi Anda segera

Lengan Gemetar : Ada gas diperutnya, Hangatkan perut bayi dengan kompres air hangat atau minyak hangat untuk bayi.

Meggeliat : Popok Basah atau dingin, segera ganti popok bayi Anda.

Kulit Bintik-bintik Merinding : Kedinginan. Naikan suhu ruangan atau hangatkan tubuh Bayi dengan selimut.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post